Bisul Tanpa Mata, Penyebab dan Cara Mengobati yang Ampuh

bisul tanpa mata

Bisul menjadi permasalahan yang kerap terjadi dan sering disebut dengan abses kulit. Jenisnya beragam termasuk bisul tanpa mata, meskipun bisul sendiri identik dengan ‘mata’ atau titik putih di bagian tengahnya.

Rupanya tidak semua bisul memiliki mata atau titik putih menonjol di bagian tengah benjolan. Karena benjolan bisul juga dapat terjadi tanpa adanya mata, sehingga perlu diwaspadai.

Meskipun untuk kebanyakan kasus kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun terdapat beberapa kondisi serius yang dapat mengancam nyawa. Berikut informasi bisul yang tidak memiliki mata.

 

Pengertian

Bisul atau abses merupakan benjolan merah pada kulit berisi nanah dan terasa sakit. Kondisi ini terjadi akibat dari infeksi pada folikel rambut dalam kulit, dan dapat muncul pada daerah paha, pantat, ketiak, belakang leher, hingga wajah.

Ciri khas bisul umumnya terdapat titik putih di bagian tengahnya dan kerap disebut sebagai ‘mata’. Namun tidak semua bisul memiliki titik menonjol tersebut, karena terdapat jenis bisul yang tidak memiliki mata dan disebabkan oleh infeksi bakteri.

 

Penyebab

Salah satu penyebab utama dari bisul tanpa mata ini adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui folikel rambut atau kulit yang tergores, sehingga menginfeksi kulit di sekitarnya.

 

Gejala

Gejala dari bisul tidak bermata juga sama seperti bisul pada umumnya, yakni terasa gatal dan sakit. Meskipun tidak memiliki mata, namun bisul jenis ini tetap berisi cairan berupa nanah dan ukurannya pun bisa bertambah besar.

Mulanya bisul akan muncul sebagai benjolan keras dan terasa nyeri, namun beberapa hari berikutnya benjolan dapat terasa melunak dan semakin membesar. Selain itu terdapat beberapa gejala yang umum dirasakan penderita bisul jenis ini, diantaranya :

  • Mual
  • Demam
  • Menggigil
  • Kulit yang terkena infeksi akan terlihat memerah, membengkak, menghangat, serta terasa nyeri.

 

Cara Mengobati

Bisul yang sudah ‘matang’ bisanya akan pecah dengan sendirinya dalam waktu 4 hingga 7 hari, ditandai dengan adanya nanah yang mengalir dari kepala bisul. Namun agar proses penyembuhan semakin cepat, lakukan beberapa hal berikut :

Mengompres dengan Air Hangat

Kompres air hangat merupakan salah satu cara ampuh mengobati bisul tanpa mata. Lakukan pengompresan selama kurang lebih 10 menit dan ulangi selama beberapa kali dalam satu hari.

Hindari Memencet Bisul

Meskipun terasa gatal dan risih, namun jangan pernah memencet atau bahkan memecahkan bisul. Hal tersebut justru hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena infeksi menjadi semakin dalam.

Mengonsumsi Obat Bisul

Apabila pengobatan mandiri di rumah tidak kunjung sembuh, konsultasikan dengan dokter terkait obat yang mungkin bisa Anda konsumsi untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut beberapa rekomendasi obat yang sering direkomendasikan dokter untuk mengobati bisul ini, yaitu :

  • Clindamycin
  • Mupirocin
  • Cephalexin

 

Itulah artikel kesehatan tentang bisul tanpa mata yang perlu untuk diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.