5 Cara Efektif Memperkenalkan Susu Formula pada Anak

promo bebelac

Memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya lewat pemberian susu formula. Tentunya pemberian susu formula harus dilakukan berdasarkan saran dari dokter sesuai kondisi anak. Produk susu formula yang bisa diberikan juga beragam dan orang tua bisa memanfaatkan program promo Bebelac untuk berbelanja.

Memberi Susu Formula

Sayangnya tidak semua anak bisa dengan mudah menerima susu formula. Apalagi jika selama ini anak terbiasa menerima ASI. Berikut adalah 5 cara efektif memperkenalkan susu formula pada buah hati.

1.    Dekati dengan Kelembutan

Bujuk si kecil untuk minum susu formula secara perlahan. Dibutuhkan pendekatan dari orang tua kepada anak secara hati-hati. Anda harus mendekati anak dengan penuh kelembutan dan jelaskan bahwa susu tersebut akan membantu mereka tumbuh sehat. Jika diberi penjelasan dengan penuh kasih sayang, si kecil pasti perlahan-lahan akan mengerti.

2.    Mulai dari Porsi Kecil

Jika masih permulaan, maka berikan susu formula dalam porsi yang kecil. Target utamanya adalah anak bisa mengenal dan terbiasa dengan rasa susu formula. Seiring berjalannya waktu Anda bisa meningkatkan porsi pemberian susu. Pastikan bahwa porsi yang diberikan memang bisa diterima dan dihabiskan oleh si kecil.

3.    Sajikan dalam Bentuk Makanan

Anda juga bisa menyajikan susu formula dalam bentuk makanan. Sebagian anak menolak susu formula karena tidak suka dengan rasanya. Anda bisa mencoba mengolah susu formula jadi es krim atau bentuk makanan yang lain. Bisa juga anak dibujuk perlahan untuk makan biskuit kesukaannya sambil dicelupkan ke susu. Tujuan utamanya adalah agar anak bisa mengenal rasa dari susu tersebut.

4.    Berikan Botol yang Menarik

Selain belanja susu formula lewat program promo Bebelac, jangan lupa beli juga botol susu yang menarik. Wadah atau botol susu yang lucu dan menarik pasti akan membuat si kecil semakin bersemangat minum susu. Pilihkan produk botol susu dengan warna dan karakter atau gambar kesukaan si kecil. Cara ini akan memberikan pengalaman minum susu yang menyenangkan bagi mereka.

5.    Jangan Memaksa

Kunci penting yang harus dipahami saat memperkenalkan susu formula adalah jangan pernah memaksa. Membiasakan diri minum susu formula bukanlah hal yang mudah. Si kecil butuh waktu untuk beradaptasi dan Anda tidak seharusnya memberikan paksaan. Justru anak akan trauma jika dipaksa bahkan hingga dimarahi untuk menghabiskan susu formula mereka.

 

Itulah 5 cara efektif memperkenalkan susu formula pada si kecil. Orang tua juga harus setia mendampingi dan membantu anak agar merasa nyaman meminum susu mereka. Anda bisa menjelajah lebih dalam lagi di dunia pengasuhan lewat bantuan berbagai artikel parenting. Temukan cara dan teknik paling efektif yang bisa membantu anak tercinta terbiasa minum susu formula secara rutin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *