Mengenal Berbagai Jenis PABX Yang Ada Di Pasaran

PABX murah

Selama ini, perangkat PABX hanya umum dijumpai di tempat-tempat bisnis saja seperti kantor, hotel dan sebagainya. Hal ini wajar karena perangkat tersebut memang ditujukan untuk bisa digunakan banyak orang terutama di bidang bisnis sehingga tidak semua orang bisa mengenal atau memasangnya.

Tipe-tipe perangkat PABX

Dipasaran sendiri, perangkat PABX baik yang mahal maupun PABX murah memiliki berbagai tipe dan fungsi tergantung jenisnya.Hal inilah yang membuat beberapa perangkat PABX memiliki harga yang lumayan tinggi karena memiliki fungsi yang lengkap dibandingkan dengan lainnya.berikut ini adalah 4 tipe PABX yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari.

  1.   PABX digital

Perangkat ini biasanya memiliki output berupa sinyal digital. Namun, peralatan ini masih membutuhkan pesawat telepon untuk bisa mengubah sinyal tersebut menjadi suara yang bisa didengar manusia.Sayangnya, harga pesawat telepon tersebut masih tergolong mahal yaitu sekitar Rp 1 juta per buah sehingga kurang begitu diminati. Penting untuk diketahui jika tiap merk PABX memiliki alat konversi sinyal yang berbeda sehingga baik nama dan istilahnya juga bisa berbeda untuk tiap merek.

  1.   PABX analog

Jika ada digital maka pasti ada analog. Sebenarnya perangkat PABX ini hampir sama dengan PABX digital hanya saja sinyal outputnya masih berupa analog sehingga sinyalnya tidak perlu dikonversi menggunakan pesawat telepon khusus.  Bahkan pesawat telepon biasa yang seperti digunakan dirumah-rumah juga bisa digunakan.

  1.   PABX Hybrid

Perangkat PABX ini merupakan jenis yang sempat booming di pasaran karena mendukung sinyal analog dan sinyal digital sekaligus.Karena kemampuannya, maka perangkat ini memiliki fitur yang relatif lebih banyak dibandingkan 2 perangkat PABX sebelumnya.

  1.   PABX IP

Perangkat yang juga dikenal dengan nama VoIP PABX ini sebenarnya merupakan pengembangan dari peralatan PABX digital. Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat, dengan menggunakan peralatn ini maka pengguna bisa melakukan VoIP (Voice Over Internet Protocol) kepada semua pengguna telepon yang masih berada dalam satu jaringan yang sama. Namun, meski menggunakan IP, pengguna masih bisa mengirimkannya ke panggilan telepon biasa sesuai dengan kebutuhan.

Tips memilih perangkat PABX terjangkau

Dengan berbagai tipe perangkat PABX yang tersedia, kalian tentu memiliki lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.Namun, jika kalian ingin memilih perangkat PABX murah maka ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan.  Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

1.   Membeli peralatan di toko-toko besar atau resmi bisa menjadi salah satu cara untuk berhemat. Selain lebih terjamin kualitasnya, kalian juga bisa mendapatkan berbagai bonus seperti diskon, garansi atau sebagainya.

2.   Membandingkan harga di tempat satu dan tempat lainnya. Zaman sekarang membandingkan harga tentu sangat mudah.Kalian cukup lihat harga pasaran di internet kemudian bandingkan dengan harga yang ada di toko.

3.   Hindari membeli secara kredit. Saat ini, di berbagai situs e-commerce memang menyediakan fitur-fitur kredit dengan bunga yang cukup rendah. Namun, sebaiknya kalian tidak menggunakannya karena biar bagaimanapun sistem kredit akan membuat kalian membayar lebih mahal dari harga yang seharusnya.

Penutup

Berikut merupakan berbagai tips yang bisa kalian gunakan untuk menghemat dana membeli perangkat PABX. Tips tersebut bisa kalian terapkan baik dalam pembelian secara offline maupun secara online.Namun, mengingat situasi yang sedang tidak menentu maka sebaiknya kalian lebih memilih berbelanja secara online untuk menghindari kontak langsung dengan banyak orang.Namun, tentu saja kalian harus memilih penjual yang sudah terpercaya dan berpengalaman supaya terhindar dari penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *