Poin Penting Memilih Mobil Bekas Bagi Generasi Mikir

mobil bekas

Kamu di rumah masuk ke generasi mikir gak sih? Apa kamu termasuk generasi mikir yang lagi ada pada tahap membangun branding diri? Dan kamu berpikir mempunyai mobil adalah salah satu caranya. Atau memang kamu generasi mikir yang lagi butuh mobil buat kebutuhan penting? Kalau kamu beli yang baru, kayaknya sayang deh uang kamu. Mending kamu beli mobil second atau mobil bekas, jadinya uang yang tersisa dapat kamu alokasikan untuk hal lain yang juga penting.

Memang sih membeli mobil bekas banyak kekurangannya, tapi jangan patah semangat dulu. Kamu bisa melakukan berbagai cara biar kamu gak salah dalam proses memilih mobil bekas. Jangan sampai nanti setelah kamu beli, malah kamu mengeluarkan uang lagi untuk hal hal seperti servis ataupun sampai ganti mesin. Itu akan sangat merugikan kamu dan membuang waktu berharga kamu. Kalau kamu jeli dalam menilai mobil, maka kamu akan mendapatkan mobil idamanmu yang kualitasnya tinggi.

Poin Poin Penting Ketika Generasi Mikir Mau Beli Mobil Bekas

Perhatikan dulu ya kamu generasi mikir ketika akan membeli mobil bekas. Meskipun kamu juga nanti bisa beli di online shop mobilnya, karenakan online shop biasanya banyak menyediakan potongan harga. Tetap saja lakukanlah pengecekan yang sangat jeli dan teliti. Poin poin berikut akan sangat berguna bagi kamu generasi mikir biar gak salah pilihan.

1. Kamu Perlu Riset Spesifikasi Calon Mobil Bekasmu

Riset bisa kamu lakukan baik secara langsung maupun secara online. informasi yang perlu kamu cari pun beragam. Dari merek mobil bekas yang di rekomendasikan, kalau tahun sekarang lebih baik beli mobil bekas yang keluaran tahun berapa, referensi harga, mesinnya, dan lain sebagainya. Banyak kok situs situs yang bisa kamu jelajahi tentang mobil bekas. Salah satunya Blibli.com. Atau kamu kunjungi website website yang suka review mobil. Dengan begitu pengetahuanmu akan bertambah.

2. Kamu Perlu Tau Sejarah Calon Mobil Bekasmu

Poin ini sangat penting dilakukan ketika mau membeli mobil bekas. Lebih bagusnya lagi sebelum deal, kamu sempat untuk ketemu pemiliknya. Dengan begitu kamu bisa banyak bertanya terkait mobil yang hendak dijual tersebut. Pertanyaan yang penting untuk kamu ajukan adalah kapan beliau beli dan sesering apa beliau melakukan perawatan seperti servis pada mobil tersebut. Selain itu kamu lihat kilometernya, rute terjauh kemana, pernah gak kecelakaan, siapa yang sering memakai mobil tersebut, tanyakan sparepart bagian apa yang gak bagus kondisinya, dan jangan ketinggalan bertanya terkait kenapa kok di jual. Jangan malu untuk bertanya tentang mobil yang akan kamu beli. Semakin kamu tau banyak. Semakin bagus.

3. Kamu Perlu Cek Mesin Calon Mobil Bekasmu

Sebelum memeriksa interior calon mobil bekasmu, pertama lakukan dulu pengecekan di mesinnya. Ini adalah bagian krusial, karena mesin adalah jantungnya mobil, jangan sampai kamu gegabah memutuskan. Kalau kamu gak paham terkait mesin mobil bekasmu, kamu disarankan untuk membawa temanmu yang mengerti tentang otomotif atau memang kamu menyewa khusus dari bengkel mobil untuk melihat mesin calon mobilmu. Bagian yang biasanya krusial kabel dan selang jangan sampai bocor, kemudian lihatlah korosi mesinnya. Dan lagi cek keadaan olinya, periksa warna, bekas busa, dan volumenya.

4. Kamu Perlu Teliti Calon Bodi Mobil Bekasmu

Setelah kamu dipersilahkan untuk mengecek mobil, maka kamu perlu melanjutkan penelitianmu dibagian bodinya. Jika kamu pas melakukan pengecekan bersama teman atau ahli bengkel, ajaklah untuk melihat bodi mobilnya. Disana kamu bisa sambil menanyai pemiliknya, terkait cat mobilnya, kamu bisa melihat apakah ada karat, apakah ada bodi yang bopeng, cek goresan apakah banyak, lampu mobil, sensornya, atap mobil, kaca mobilnya dan lain sebagainya. Oh ya jangan lupa lihat dan tanyakan kondisi ban beserta velg-nya. Kalau bisa ban harus dalam kondisi masih tebal yaa.

5. Kamu Perlu Teliti Interior Calon Mobil Bekasmu

Mengecek mesin sudah, bodi mobil sudah, maka pengecekan perlu kamu lanjut ke bagian dalam atau interior mobil tersebut. Hal yang pertama kali kamu lihat adalah bagian dasbor dan jok mobilnya. Kamu perlu mengetes mobilnya dengan kamu nyalakan dan periksa dalamnya, cek keadaan AC-nya, Speedometernya, kilometernya, tanggal terakhir servis, kepekaan sensor kamera, audionya, speaker, dan lain sebagainya. Jangan lupa tanyakan apakah jok sudah pernah ganti, karpetnya bagaimana, alas bawah bagaimana, pokoknya teliti semua dan tanyakan semua.

6. Kamu Perlu Cek Perkakas Mobil Yang Tersedia

Setelah pengecekan interior, tolong tanyakan terkait perkakas ini. Meliputi berbagai kunci, obeng, dongkrak. Sangat menguntungkan apabila kamu mendapatkan mobil yang lengkap dengan perkakas ini. Karena akan sangat berguna untukmu kedepannya.

7. Usahakan Beli Mobil Bekas Dari Pemilik Langsung Dengan Surat Lengkap Dan Punya Asuransi

Menemui pemiliknya langsung juga akan sangat menguntungkan kamu. Karena itu tadi banyak hal yang bisa kamu tanyakan dan pastikan. Sehingga kamu tidak tertipu dan mendapatkan kualitas yang sesuai. Ditambah dengan adanya suransi, jika ada. Maka keuntungan kamu akan berlipat ganda. Jika memang sudah di asuransikan pastikan cek kelengkapan datanya yaa. Kalau mengenai surat surat mobil juga harus kamu pastikan juga, ini bagian dari hal yang krusial. Nama pemiliknya harus jelas. Di STNK dan BPKB itu semua harus nama yang tetap atau sama. Kalau perlu cek ke samsat untuk memastikan ya.

8. Sebelum Deal, Cobain Mobilnya

Jika kamu sudah melakukan poin poin diatas, hal lain yang perlu kamu lakukan adalah cobain mobilnya. Sebelum mobil bekas ini jadi milikmu, kamu harus cobain gimana rasanya pakai mobil yang kamu beli. Mintalah pendapat temanmu apa aja yang harus dinilai ketika mencoba mobil. Misal remnya harus gimana, kecepatannya, bahan bakarnya, knalpotnya, dan lain sebagainya periksa secara langsung dan minta pendapat ahli bengkel atau temanmu jika kamu gak paham.

Kesimpulan

Mobil bekas gak selalu jelek, kamu generasi mikir harus pintar pintar memilih. Lakukan berbagai poin seperti disebutkan diatas. Lengkapi diri dengan banyak diskusi dengan orang yang mengerti mobil bekas. Perbanyak riset informasi mobil bekas, jangan gegabah. Meskipun kamu bisa beli mobil bekas secara online, pastikan berbagai hal krusial terpenuhi. Sebagai generasi mikir pilihlah mobil yang buat kamu nyaman dan kamu bisa merawatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *